Sabtu, 25 Juni 2011

Tokoh Pecatur Besar Dunia

Posted by afluz on 06.11

 

Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Paolo Boi (1528-1598) adalah seorang pecatur Italia kelahiran Siracusa sehingga ia dijuluki "si orang Siracusa". Ia dianggap sebagai salah satu pecatur terbesar dari abad ke-16. Boi dilahirkan dalam keluarga yang terhormat dan kaya. Sejak masa kecilnya ia sudah tertarik akan permainan catur. Ia pernah bertemu dengan Paus Pius V dan banyak bangsawan Italia lainnya, dan bahkan mengalahkan Paus Paulus III dalam suatu pertandingan catur pada tahun 1549. Sebuah sumber juga menyebutkan bahwa ia pernah bertanding catur dengan Raja Spanyol, Felipe II.

Paolo Boi banyak berkeliling Eropa dan menopang hidupnya dengan permainan catur. Sebuah sumber melaporkan bahwa Boi pernah ditangkap oleh beberapa bajak laut Aljazair, dan dijual sebagai budak dengan harga 2000 Zechine. Seorang penggemarnya membantu menebusnya sehingga ia bebas kembali. Boi meninggal di Napoli pada 1598 karena kanker perut. Sumber lain menyebutkan ia diracuni oleh pembantunya sendiri.



Karl Ernst Adolf Anderssen (lahir di Wrocław, 6 Juli 1818 – meninggal 13 Maret 1876 pada umur 57 tahun) adalah seorang guru matematika dan pemain catur Jerman yang pertama kali mencapai 2600 ELO rating pada 1850. Sistem peringkat Elo adalah suatu metode untuk menghitung tingkat keterampilan (skill) relatif pemain pada permainan antara dua pemain seperti catur dan igo. Sistem ini juga digunakan sebagai sistem peringkat untuk permainan multi-pemain (multi-player) pada beberapa jenis permainan komputer. "Elo" sering ditulis dengan huruf kapital (ELO), tapi sebenarnya bukanlah suatu akronim. Elo berasal dari nama pencipta sistem, Árpád Élő (1903-1992), ahli fisika Amerika Serikat kelahiran Hungaria.

Ia memenangkan turnamen internasional pertama di London pada 1851 dan dipandang sebagai pemain terbaik dunia pada zamannya, hingga ia dikalahkan pada 1858 oleh Paul Morphy. Setelah Morphy pensiun, ia bermain lagi hingga akhirnya dikalahkan oleh Wilhelm Steinitz, seorang pemain Austria pada 1866.

Anderssen dikagumi karena kemampuannya untuk menemukan kombinasi permainan yang diperhitungkan untuk memaksakan pengambilan keputusan segera. Salah satu permainannya digelari sebagai Permainan Abadi yang dimainkannya di London, pada 1851, karena para pemain catur berpendapat bahwa kemasyhurannya akan bertahan selama-lamanya. Anderssen terkenal dengan pembukaannya yang dinamakan Pembukaan Anderssen, yaitu: 1.a3.


Wilhelm (kemudian William) Steinitz (lahir 17 Mei 1836 – meninggal 12 Agustus 1900 pada umur 64 tahun) ialah seorang pecatur dan juara catur dunia resmi pertama antara tahun 1886 hingga 1894. Ia berasal dari keluarga Yahudi dari Wina di Austria-Hongaria. Kemudian ia tinggal di Inggris dan kemudian mengubah namanya dari Wilhelm menjadi William. Di tahun-tahun akhir hidupnya ia pindah beserta keluarganya ke Amerika Serikat, dan kemudian menderita sifilis dan gangguan mental.

Seorang pecatur yang telah memenangi berbagai turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang sesuai dengan prestasinya. Dalam dunia catur terdapat beberapa macam gelar - Gelar Internasional yaitu Grandmaster (GM), Grandmaster Wanita (GMW), Master Internasional (MI), Master Internasional Wanita (MIW), Master FIDE (MF), Master FIDE Wanita (MFW), Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master Wanita (WCM). Gelar Internasonal dikeluarkan oleh FIDE (Organisasi Catur Dunia). Dan di Indonesia juga dikenal gelar lokal yaitu Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). Gelar nasional dikeluarkan oleh PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).

0 komentar:

Poskan Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site